Text

Sunday, February 22, 2009

about perpus KIta (M3M)

Sunday, February 22, 2009

Tau gag sih.... Man 3 Malang ato nama kerennya m3m ntuh menang lomba perpus tingkat nasional lhoh,,, usut punya usut awalnya ntu perpus ditunjuk ama pemerintah jatim buat ngewakilin ke nasional. Dengan terpilihnya perpustakaan MAN 3 mewakili Jawa Timur, tentunya perpustakaan MAN 3 punya fasilitas yang lebih baik daripada "hanya" sekedar sebagai tempat menampung jendela pengetahuan alias buku, Memang benar menempati bangunan yang lebih representatif (dulu perpustakaan sempat pindah-pindah gedung), perpustakaan MAN 3 mempunyai beragam koleksi selain berbagai buku dengan bermacam kategori (pelajaran, literatur ensiklopedi, majalah, koran, novel fiksi, agama dll), perpus juga punya koleksi VCD-VCD dengan berbagai judul dan materi, dan juga perpustakaan punya ruangan yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dengan fasilitas audio-visual (mirip di multimedia room dengan menggunakan LCD proyektor, VCD, ataupun menggunakan media televisi), dan akses internet 24 jam, sehingga tak ayal perpustakaan MAN 3 selalu melayani siswa yang haus akan ilmu pengetahuan melalui berbagai koleksinya.

Perpustakaan MAN 3 juga menyediakan fasilitas digital library, dengan adanya digital library siswa bisa mengakses informasi dari perpustakaan, Namun akses ke digilib hanya melalui intranet (jaringan didalam MAN 3), untuk akses ke internet masih dalam tahap pengembangan. Adanya digilib tersebut siswa akan dimudahkan untuk melihat informasi apapun yang ada di perpus seperti info buku yang sedang dipinjam, katalog buku, koleksi terbaru serta berbagai informasi lainnya. Sehingga fasilitas digital library ini melengkapi fasilitas intranet information system yang sudah dilaunchuing beberapa bulan yang lalu.

Para juri sempat kagum atas Perpustakaan MAN 3, terutama atas fasilitas intranet information systemnya, meski hanya intranet namun fasilitas ini sangat bagus, yang cukup untuk memfasilitasi kebutuhan siswa akan modul pembelajaran. Selain perpustakaan juri juga sempat melihat-lihat area lain MAN 3 Malang seperti BK room, Ruang kelas, UKS room, Kantin, Kebun Toga, dan Green House. Mereka sempat juga merekam keadaan fasilitas itu, dimana mereka memberi apresiasi tersendiri atas fasilitas itu.

Harapan kami tentunya perpustakaan MAN 3 sebagai tonggak berkembangnya ilmu pengetahuan dapat meraih hasil yang memuaskan semua pihak. Dan tentunya keberhasilan ini terjadi berkat kerjasama semua pihak mulai Diknas Kota Malang, Perpustakaan Kota Malang, serta civitas akademis MAN 3
pengen tau semua??!!…

0 komentar:

 
Assalamu'alaikum . . . © 2008. Design by Pocket