Text

Sunday, February 22, 2009

desain PErpus in Your HomE

Sunday, February 22, 2009
Jaman sekarang tidak sedikit orang yang memilih bekerja di rumah. Alasannya macam-macam. Jenis pekerjaannya memang memungkinkan seseorang bekerja di rumah. Seorang konsultan, dokter, penulis atau mungkin arsitek adalah beberapa contoh di antaranya.
Tetapi pilihan bekerja di rumah dapat sangat demanding, terutama fasilitas yang diperlukan bisa tidak sedikit, tetapi ruang yang tersedia sangat terbatas. Anda mungkin membutuhkan ruang baca, ruang konsultasi di samping ruang kerja Anda sendiri. Sementara itu Anda harus berbagi dengan kebutuhan rumah lainnya.

Belum lagi, Anda yang bekerja di rumah mungkin punya segudang buku hasil koleksi Anda bertahun-tahun. Mengapa buku-buku Anda tidak menjadi bagian dari interior “kantor” atau ruang kerja Anda di rumah? Buku-buku yang ditata sebagai bagian interior, sekaligus perpustakaan pribadi, mungkin saja akan meningkatkan gairah kerja Anda, sekaligus memudahkan Anda untuk mencari referensi.

Di ruang kerja sekaligus perpustakaan dan ruang baca itu, Anda juga dapat menerima tamu atau kolega. Anda untuk urusan yang lumayan serius. Diskusi di ruang kerja dapat menjadi alternatif dari pada di ruang tamu.

Maka fungsi ruang kerja di rumah benar-benar harus multi-fungsi, Bayangkan saja ruang itu berfungsi sebagai: perpustakaan, ruang kerja, ruang meeting/diskusi/konsultasi dan ruang baca. Secara keseluruhan, desain ruang itu beserta koleksi buku Anda pun menjadi portofolio dari wawasan yang Anda miliki.

Contoh layout ruang kerja serbaguna itu saya tampilkan di bawah ini.

ruangkerja.jpg

Pada denah di atas kelihatan berbagai fungsi ditata dengan harmonis. di sudut kiri bawah ada sofa untuk membaca buku plus lampu baca. Di bagian tengah, ada meja kecil untuk diskusi atau konsultasi. Sebagian dinding dipakai untuk rak buku (sisi atas dan kanan). Dan sebuah meja kerja di sisi kiri. Lingkaran merah di tengah menunjukkan corak motif karpet yang dapat dijadikan pilihan

Sementara itu rak buku pun dapat ditata sebagai interior yang unik. Lihat contoh di bawah.

perpustakaan.jpg

Contoh rak buku di atas, memperlihatkan beberapa fungsi sekaligus, sisi paling kiri dipakai untuk display buku-buku unggulan Anda, atau yang sedang Anda baca. Bagian itu dapat juga dimodifikasi untuk display sovenir kesayangan, foto atau portfolio Anda. Di bagian kiri bawahnya ada laci untuk menyimpan kertas atau alat kerja. Sedang sisi sebelah kanan untuk koleksi CD atau VCD kesayangan Anda.

Kalau ruangan Anda sempit perhatikanlah komposisi warna dari furniture Anda. Warna yang sangat berbeda-beda antara meja, kursi atau rak, dapat menimbulkan kesan berantakan. Apalagi kalau corak atau langgamnya berbeda-beda. Membuat seluruh furniture sekaligus adalah jalan keluar yang terbaik, agar tukang finishing dapat membuat kombinasi warna yang tepat.
pengen tau semua??!!…

0 komentar:

 
Assalamu'alaikum . . . © 2008. Design by Pocket