Text

Sunday, February 22, 2009

ingin Jadi pengrloLa PerPus deNGAn ModaL dikit???

Sunday, February 22, 2009
Menjadi pengelola perpustakaan atau kepala perpustakaan tidaklah mudah, dibutuhkan kemampuan manajemen yang handal untuk dapat mengelola perpustakaan dengan baik. Sebagai pengelola kita harus tahu dengan pasti apakah sistem yang diteapkan berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur. Selain kita harus mengontrol sistem kita juga harus mengontrol keuangan. Masalah keuangan merupakan permasalahan yang cukup vital, tentunya dibutuhkan pengelolaan yang baik pada bagian keuangan ini.

Untuk perpustakaan kecil seperti sekolah atau mungkin di sebagian Perguruan Tinggi (PT) memiliki anggaran yang minim juga untuk pengadaan buku-buku perpustakaan. Sementara kebutuhan pemakai perpustakaan terhadap buku sangat beragam dan bervariasi. Bagaimana caranya agar dana yang minim tersebut dapat memenuhi kebutuhan para pengguna perpustakaan? Berikut ini akan saya bagikan pengalaman saya dalam mengatur pengadaan buku dengan dana yang terbatas.
Perpustakaan sekolah atau PT biasanya mendapat anggaran pengadaan buku minimal dalam satu tahun sekali. Untuk itu perlu disiasati dengan membagi dana yang kita peroleh kelam beberapa kelompok. Misalnya Tahun Ajaran 2007/2008 perpustakaan memperoleh dana sebesar Rp. 4.000.000,-. Dana tersebut kita bagi rata menjadi 4 kelompok dimana masing-masing kelompok terdari dari Rp. 1.000.000,-. Setelah itu kita buat rencana pengadaan buku, jika kita memiliki empat kelompok dana maka pengadaan buku dapat kita lakukan 4 kali dalam 1 Tahun Ajaran. Tentunya hal ini akan memberikan kesan kepada pengguna bahwa perpustakaan setiap 3 bulan sekali memiliki buku baru.
Dengan metode diatas dapat dipastikan bahwa perpustakaan dapat melakukan pengadaan buku-kuku secara berkala sehingga buku yang tersedia selalu up to date.
pengen tau semua??!!…

1 komentar:

Anonymorph said...

Mampir,
Blog ku:
http://bloggerngawi.co.cc/

 
Assalamu'alaikum . . . © 2008. Design by Pocket